Modul Ajar: Menerapkan Konfigurasi Sistem Keamanan Jaringan dengan Pendekatan Project Based Learning

 

**Identitas Penulis:**
Nama: Yusup Mad Cani, S.kom.
Jabatan: Guru Kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan
Sekolah: SMK Teknologi Karawang

**Kompetensi Awal:**
Peserta didik diharapkan telah memiliki pengetahuan dasar tentang jaringan komputer dan sistem operasi.

**Profil Pelajar Pancasila:**
Mandiri

**Sarana dan Prasarana:**
1. Ruang kelas dengan komputer dan akses internet.
2. Proyektor atau layar untuk presentasi.

**Target Peserta Didik:**
Kelas XI di SMK Teknologi Karawang.

**Model Pembelajaran yang Digunakan:**
Project Based Learning (PBL)

**Tujuan Pembelajaran:**
Peserta didik akan mampu menerapkan konfigurasi sistem keamanan jaringan untuk melindungi data dan informasi dalam lingkungan yang mandiri.

**Asesmen:**
Asesmen akan dilakukan melalui penilaian tugas diskusi dan presentasi, serta pemahaman peserta didik terhadap materi.

**Pemahaman Bermakna:**
Peserta didik akan memahami pentingnya keamanan jaringan dalam melindungi data dan informasi serta memahami konsep dasar konfigurasi keamanan.

**Materi/Bahan Ajar:**
Materi akan mencakup:
1. Konsep Dasar Keamanan Jaringan: Ancaman, risiko, dan prinsip dasar keamanan.
2. Identifikasi Kerentanan: Melakukan analisis kerentanan jaringan.
3. Konfigurasi Firewall: Menggunakan perangkat lunak firewall untuk mengendalikan akses.
4. Pemantauan Jaringan: Menggunakan alat pemantauan untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan.

**Pertanyaan Pemantik:**
1. Mengapa perlunya memiliki sistem keamanan jaringan yang kuat?
2. Apa yang dimaksud dengan kerentanan jaringan?
3. Bagaimana peran firewall dalam melindungi jaringan?
4. Mengapa penting untuk memantau aktivitas jaringan secara berkala?

**Kegiatan Pembelajaran (Model PBL):**
1. Penjelasan Awal dan Pembentukan Kelompok(20 menit):
   - Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan membentuk kelompok kerja.
   - Setiap kelompok akan memilih proyek keamanan jaringan yang akan diimplementasikan.

2. Analisis dan Perencanaan Proyek(40 menit):
   - Kelompok menganalisis kebutuhan keamanan jaringan dan merencanakan langkah-langkah konfigurasi.

3. Implementasi Konfigurasi Keamanan(60 menit):
   - Kelompok melakukan implementasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
   - Guru memberikan bimbingan jika diperlukan.

4. **Diskusi dan Presentasi** (40 menit):
   - Setiap kelompok menyajikan hasil proyek mereka kepada kelas.
   - Peserta didik lain memberikan pertanyaan dan masukan.

5. Refleksi dan Evaluasi(20 menit):
   - Peserta didik merenungkan pembelajaran mereka dan pengalaman dalam proyek.
   - Guru memberikan umpan balik terhadap presentasi dan implementasi.

**Lembar Kerja Peserta Didik (Rubrik Penilaian Analitik):**
| Aspek Penilaian                | Skala Likert (1-5) |
|--------------------------------|-------------------|
| Pemahaman Materi           |                  |
| Kerja Sama Kelompok      |                  |
| Implementasi Konfigurasi |                  |
| Presentasi                               |                  |
| Kreativitas                               |                  |
| Kemampuan Analisis    |                  |
| Kesadaran Keamanan    |                  |

**Pengayaan dan Remedial:**
- Pengayaan: Peserta didik dapat mengeksplorasi jenis-jenis serangan keamanan jaringan yang lebih kompleks.
- Remedial: Guru memberikan bimbingan tambahan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dalam implementasi konfigurasi.

**Bahan Bacaan Pendidik dan Peserta Didik:**
1. "Network Security: Private Communication in a Public World" - Penulis: Charlie Kaufman
2. "Firewalls and Internet Security: Repelling the Wily Hacker" - Penulis: William R. Cheswick

**Glosarium:**
1. Keamanan Jaringan: Praktik dan teknologi untuk melindungi integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data dan layanan dalam jaringan.
2. Kerentanan Jaringan: Titik lemah dalam sistem atau jaringan yang dapat dieksploitasi oleh penyerang.
3. Firewall: Perangkat lunak atau perangkat keras yang memantau dan mengatur lalu lintas jaringan.
4. Pemantauan Jaringan: Proses memeriksa aktivitas jaringan untuk mendeteksi ancaman atau perilaku yang mencurigakan.

**Daftar Pustaka:**
1. Kaufman, C., Perlman, R., & Speciner, M. (Tahun). "Network Security: Private Communication in a Public World".
2. Cheswick, W. R., Bellovin, S. M., & Rubin, A. D. (Tahun). "Firewalls and Internet Security: Repelling the Wily Hacker".


About the Author

Catatan Materi Ilmu Komputasi

إرسال تعليق

DomaiNesia
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.